7 Cara Mendapatkan Penghasilan Dengan Bermain Game

Gamer Sukses

SyVinns - Di era sekarang, tidak sedikit orang yang dapat menghasilkan uang dengan bermain game. Namun, perlu diingat bahwa cara ini bukanlah hal yang mudah. Banyak yang akan menyerah dalam beberapa tahun (atau bulan) karena aspek pekerjaan yang menghilangkan kesenangan bermain game. Alih-alih menjadikan hobi sebagai karir, orang-orang malah berakhir membenci sesuatu yang mereka dulu cintai. Selain itu, pasar yang ramai membuat persaingan semakin ketat. Di balik setiap kisah sukses, ada ratusan orang lain yang mencoba dan gagal.

Meskipun demikian, menjadi penghasilan utama dengan bermain game bukanlah hal yang mustahil! Berikut beberapa cara potensial untuk memulai menghasilkan uang dengan bermain game, beserta tantangan yang harus dihadapinya.

1. Dapatkan Uang dengan Live Streaming Game

Seseorang sedang melakukan live streaming di TwitchImage Credit: DisobeyArt/Shutterstock

Siapa saja bisa melakukan live streaming permainan mereka secara langsung untuk ditonton oleh dunia. Dalam metode ini, tujuanmu adalah membangun audiens yang besar (yang dapat dimonetisasi dengan iklan) atau audiens yang setia (untuk dimonetisasi dengan sumbangan dan langganan). Platform terbesar untuk live streaming adalah Twitch, tetapi YouTube juga merupakan pilihan yang layak.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Live Streaming

Dibutuhkan waktu yang lama untuk membangun audiens live streaming. Mungkin beberapa bulan saja kamu belum mencapai 10 penonton bersamaan, atau bahkan beberapa tahun untuk mendapatkan 100 penonton sekaligus. Kebenaran yang ada adalah bahwa sebagian besar streamer tidak pernah mencapai titik itu untuk menghidupi diri dengan streaming permainan video, kamu memerlukan ribuan penonton yang setia.

Lanskap streaming saat ini sudah jenuh. Mengapa seseorang harus menontonmu ketika ada banyak streamer populer lainnya yang dapat ditonton? Inilah bagian yang sulit. Tetapi kamu bisa mencoba menjadi berbeda dengan menunjukkan gaya humor atau kepribadian unik, menjadi pemain kelas dunia, atau memainkan permainan yang tidak dimainkan oleh orang lain.

Memulai Live Streaming

Untungnya, hambatan masuk ke dunia live streaming cukup rendah. Yang kamu butuhkan hanyalah komputer yang layak, beberapa permainan yang ingin ditonton oleh penonton, kepribadian yang menyenangkan, dan perangkat lunak streaming. Pastikan kecepatan unggah internetmu cukup cepat untuk menangani streaming, selain itu pastikan juga memiliki PC yang cukup kuat untuk bermain permainan apa pun yang ingin kamu mainkan.

Jika bermain game di PC, kami telah menjelaskan cara memulai dengan Streamlabs OBS, yang merupakan pilihan yang bagus bagi pemula. Jika bermain di konsol, kamu akan memerlukan kartu tangkap, yang merupakan biaya tambahan.

2. Cobalah Karir di Jurnalisme Permainan

Seseorang menulis di buku catatan sambil melihat layar laptop 

Tertarik menjadi penulis? Gabunglah dengan situs yang sudah ada atau buatlah situsmu sendiri dan mulailah menulis berita, ulasan, dan wawancara untuk permainan tertentu, genre, atau industri. Jika menulis untuk situs yang sudah ada, kamu bisa dibayar per artikel sebagai penulis lepas. Jika memulai situsmu sendiri, kamu dapat memonetisasi lalu lintas dengan iklan, langganan Patreon, atau hal serupa.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Menulis Tentang Permainan

Seperti kebanyakan jenis jurnalisme, jurnalisme permainan adalah pekerjaan yang kompetitif. Banyak orang ingin menulis tentang permainan untuk penghidupan! Jika menulis untuk situs yang sudah ada, kemungkinan besar kamu harus bekerja hampir tanpa bayaran untuk membangun portofolio dan membuktikan kemampuanmu. Saat memulai situsmu sendiri, mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun untuk membangun audiens yang cukup besar untuk bisa menghasilkan cukup untuk hidup.

Jurnalisme bisa menuntut banyak waktu dan tenaga. Untuk menulis berita, kamu perlu memanfaatkan berbagai sumber sepanjang waktu untuk mendapatkan informasi sebelum orang lain. Ulasan dan wawancara memerlukan banyak waktu untuk dilakukan dengan baik. Dan secara umum, menulis setiap hari bisa sangat membebani energi mental.

Memulai Jurnalisme Permainan

Cari posisi terbuka di situs game berukuran menengah. Lupakan situs game besar seperti IGN untuk saat ini, dan abaikan startup yang belum punya pembaca. Pastikan kamu memiliki beberapa contoh tulisan yang bisa ditunjukkan. Kirimkan aplikasimu (sertakan contoh tulisan) ke banyak tempat, dan berharap yang terbaik. Jika kamu tidak memiliki karya sebelumnya untuk ditunjukkan, pertimbangkan menjadi penulis sukarelawan untuk situs-situs kecil terlebih dahulu.

Kami tidak menyarankan untuk meluncurkan situs jurnalisme permainanmu sendiri kecuali kamu sudah memiliki beberapa tahun pengalaman menulis untuk situs yang sudah mapan. Menulis setiap hari saja sudah sulit. Mengelola situs ditambah lagi? Itu level usaha yang benar-benar baru dan bisa dengan mudah menyebabkan kelelahan.

3. Buat Panduan dan Tutorial Permainan Video

Banyak pemain baru di permainan tertentu suka membaca panduan, terutama untuk permainan pemain lawan pemain (PvP). Oleh karena itu, ada pasar untuk menghasilkan uang dengan memberikan informasi berguna yang mereka cari.

Ada beberapa cara yang bisa kamu ambil untuk membuat panduan permainan, seperti membuat situs web untuk panduan tertulis, mengunggah panduan video di YouTube, atau menerbitkan panduan dalam bentuk ebook. Dua cara pertama sering dimonetisasi dengan iklan dan/atau donasi, sedangkan panduan dalam bentuk ebook menghasilkan pendapatan melalui penjualan.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Panduan Permainan

Setiap orang bisa menulis panduan. Agar dapat menghasilkan uang darinya, kamu harus membuat panduan untuk permainan populer tetapi semakin populer permainan tersebut, semakin banyak pula persaingan yang akan kamu hadapi. Agar panduanmu unggul, kamu perlu menyajikan wawasan yang lebih dari apa yang bisa ditawarkan orang lain, yang berarti kamu harus menginvestasikan banyak waktu dan membangun dirimu sebagai ahli.

Selain itu, kamu harus memiliki kemampuan menulis yang kuat. Panduan perlu menyajikan informasi yang padat dan komprehensif, tetapi juga harus menarik dan mudah dipahami. Kemampuan format yang baik sangat penting, baik saat menerbitkan ebook maupun menulis untuk web.

Sebagai contoh, program "Bounty" di GameFAQs memberikan hadiah uang tunai bagi penulis panduan yang pertama kali menulis panduan komprehensif untuk sebuah judul. Sebagian besar panduan ini membayar setidaknya $200, yang terdengar menarik. Tetapi ketika kamu mempertimbangkan berapa banyak waktu yang perlu kamu habiskan untuk menguasai permainan dan menjelaskan setiap aspeknya, pendapatanmu akan jauh di bawah upah minimum per jam.

Pendapatan Program Bounty GameFAQs

Memulai Panduan Permainan Video

Cari permainan populer, cari tahu masalah apa yang dihadapi pemain, pelajari seluk-beluk masalah tersebut, lalu ajarkan kepada orang lain bagaimana mengatasinya.

Untuk game bermain peran daring multipemain masif (MMORPG), targetkan panduan untuk mendapatkan emas, panduan tingkat, dan panduan raid. Untuk permainan pemain lawan pemain seperti Overwatch atau Valorant, buat panduan pembangunan dan panduan mekanika. Dan untuk permainan pemain tunggal, kamu mungkin akan lebih sukses dengan panduan yang berfokus pada topik seperti mendapatkan prestasi atau trofi tertentu. Panduan "mulai" biasanya populer, tetapi akan memiliki banyak persaingan.

4. Buat Podcast Gaming atau Saluran YouTube

Dua orang merekam podcast

Ingin mengungkapkan banyak hal? Coba buat acara harian, mingguan, atau bulanan yang terkait dengan permainan. Ini bisa berupa diskusi berdasarkan pendapat, seri wawancara dengan pemain terkenal, tips dan trik untuk permainan tertentu, atau hal lain yang menarik.

Podcast dan video YouTube dapat dimonetisasi dengan iklan, sponsor, dan bentuk monetisasi YouTube lainnya. Format ini juga bisa didukung melalui langganan Patreon.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Membuat Acara Gaming

Kamu harus membangun audiens yang cukup besar sebelum melihat pendapatan. Acaramu harus cukup menarik agar orang-orang tertarik menontonnya. Jika acaramu membosankan, dangkal, memiliki kualitas produksi yang buruk, atau tidak konsisten, maka acaramu tidak akan berhasil.

Secara keseluruhan, ini adalah kombinasi dari panduan  dan live streaming. Kamu perlu memiliki pengetahuan dan wawasan dari pembuat panduan, ditambah ketekunan dan karisma dari seorang streamer.

Namun, sisi positifnya, konten podcast tidak harus sejelas panduan, dan kepribadianmu tidak harus seunik streamer. Kamu bisa mendedikasikan saluranmu untuk berita permainan tertentu, misalnya. Kamu tidak perlu menghibur orang secara langsung selama berjam-jam, tetapi kamu masih perlu berkomitmen pada jadwal yang teratur dan rutin dalam mencari ide.

Memulai Podcast Gaming

Kami telah menulis tentang alat untuk memulai podcast sendiri dan cara memulai saluran YouTube. Itu adalah sumber daya yang baik untuk memulai.

5. Menjadi Gamer Profesional: Turnamen dan eSports

Pemain turnamen eSports

Turnamen adalah hal biasa untuk judul pemain lawan pemain (PvP), seperti permainan pertarungan. Tentu saja, semakin populer permainan tersebut, semakin besar pula hadiah yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu cukup berbakat untuk bergabung dengan organisasi eSports, kamu mungkin bisa mendapatkan gaji yang mencukupi dari kemenangan dan sponsor. Kebanyakan pemain kompetitif juga memanfaatkan live streaming untuk penghasilan tambahan.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang melalui Turnamen Permainan Video

Tidak semua orang memiliki potensi untuk menang. Kamu bisa menjadi pemain kelas dunia dan tetap tereliminasi awal dalam turnamen dan pulang dengan tangan kosong. Bahkan jika kamu berhasil mendapatkan beberapa uang, mungkin tidak mencukupi untuk menutupi biaya hotel dan penerbangan. Jika kamu tidak konsisten berada di puncak, lupakan tentang hidup dari kemenangan.

Selain itu, industri eSports masih relatif baru. Meskipun kamu berhasil mendapatkan posisi di tim ternama, "gaji" yang kamu terima mungkin di bawah upah minimum. Industri ini juga penuh dengan penipu dan pencuri yang memanfaatkan para pemain yang polos. Cerita tentang pemain yang tidak dibayar sesuai dengan janji mereka muncul dari waktu ke waktu.

Memulai Karir Gaming Profesional

Cari permainan PvP populer dengan banyak turnamen dan minat besar dari organisasi eSports. Latih dirimu sebaik-baiknya, berinteraksi dengan pemain profesional lainnya untuk mempromosikan namamu. Pertimbangkan untuk memulai dengan turnamen lokal untuk permainan populer, seperti Super Smash Bros. atau CS: GO.

Sebagai catatan yang jujur, kamu kemungkinan lebih beruntung (dan menghasilkan lebih banyak uang) dengan menjadi streamer non-kompetitif. Orang akan tetap menikmati menontonmu meskipun kamu bukan yang terbaik.

6. Dapatkan Uang dengan Menguji Permainan

Kontroler PS4 dan Xbox One

Permainan melalui berbagai fase pengembangan sebelum dirilis. Mendekati waktu penyelesaian, para pengembang memerlukan penguji eksternal untuk memainkan permainan mereka dengan pandangan segar. Sebagai penguji permainan, tugasmu adalah memeriksa segala sesuatu yang ingin diketahui oleh pengembang, termasuk menemukan dan mendokumentasikan bug serta masalah lainnya.

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Menguji Permainan

Saat ini, tidak terlalu sulit untuk menjadi penguji permainan, tetapi pekerjaan ini bisa membuatmu cepat merasa bosan. Bermain dengan cara yang sengaja merusak permainan akan cepat membosankan, terutama jika kamu harus terus memeriksa tempat-tempat yang sama setelah setiap revisi permainan.

Penghasilan yang didapat tidak terlalu banyak (sebanding atau sedikit lebih baik daripada upah minimum). Dan kecuali kamu bisa mendapatkan posisi internal di perusahaan pengembangan permainan besar, kebanyakan posisi pengujian permainan adalah untuk permainan seluler, yang tidak se menarik permainan konsol dan PC penuh.

Memulai Uji Permainan

Untuk uji coba yang diminta secara on-demand, lihat layanan seperti PlaytestCloud, BetaFamily, dan BetaTesting. Menjadi penguji internal di sebuah perusahaan lebih sulit. Kamu harus menjelajahi papan pekerjaan, mencari informasi perusahaan untuk posisi terbuka, mengirimkan lamaran, dan berharap yang terbaik. Mencari studio indie yang berlokasi di daerahmu dapat menjadi cara yang baik untuk masuk ke dalamnya.

7. Jual Akun atau Barang Digital

Memegang uang

Jika kamu sudah cukup lama bermain permainan tertentu, mungkin kamu dapat "membeli" akunmu atau item dalam permainan kepada pemain lain. Sebagai contoh, kamu dapat menjual beberapa Kartu Tukar Steam yang diperoleh dengan bermain game kepada pemain lain yang ingin mengumpulkannya. Meskipun kamu tidak akan mendapatkan uang besar dari ini, kamu mungkin dapat menghasilkan cukup uang untuk menutupi pembelian permainan berikutnya.

Kamu juga bisa menjual akunmu. Sebagai contoh, di Overwatch, praktik menggunakan akun "smurf" (akun sekunder yang peringkatnya jauh lebih rendah dari tingkat keterampilan pemain sebenarnya) sangat umum. Karena kamu harus mencapai tingkat tertentu untuk bermain dalam pertandingan Kompetitif, pemain yang ingin menggunakan akun smurf mungkin mencari untuk membeli akun agar tidak perlu menghabiskan waktu bermain dari awal. Demikian pula, pemain mungkin membayar kamu untuk meningkatkan peringkat keterampilan akun mereka jika kamu lebih baik dalam permainan daripada mereka.

Ada cara lain untuk berkreasi dengan ini; kamu bisa menggunakan situs seperti Fiverr untuk menjual "layanan gaming" kepada orang yang tertarik. Mungkin ada pemain yang kesepian dan ingin pasangan untuk bermain bersama selama satu jam ada yang bersedia membayar untuk hal tersebut. 

Tantangan Dalam Mendapatkan Uang dengan Bermain Game Melalui Cara Ini

Meskipun bentuk penghasilan gaming ini membutuhkan dedikasi lebih sedikit daripada sebagian besar yang disebutkan di atas, tetap saja bukan cara yang sempurna. Kecuali jika kamu sudah memiliki akun tambahan atau barang langka yang tertinggal, waktu yang harus kamu habiskan untuk mendapatkannya membuat usaha ini hampir tidak layak untuk dikejar.

Menggiling permainan hanya untuk mendapatkan kartu baru atau mencapai tingkat tertentu itu membosankan, sama seperti menguji permainan. Dan tidak ada jaminan bahwa ada orang yang ingin membeli apa yang kamu jual.

Tergantung pada syarat layanan untuk permainan tertentu, menjual akunmu atau barang lain mungkin melanggar peraturan. Pastikan bahwa kamu tidak melakukan sesuatu yang akan membuatmu masalah sebelum mencobanya.

Memulai Menjual Barang Permainan

Teliti permainan yang kamu sukai mainkan dan lihat barang-barang dari permainan tersebut yang dijual dengan harga yang baik. Situs seperti PlayerAuctions membantu menghubungkan penjual dan pembeli barang permainan.

Menghasilkan Uang dengan Bermain Permainan Video Masih Memerlukan Usaha

Permainan menyenangkan karena memberi kita cara untuk melarikan diri dari kenyataan. Ketika bermain permainan menjadi pekerjaanmu, aspek pelarian tersebut akan hilang—dan kemungkinan kesenangannya juga akan hilang. Suka bermain permainan? Pertimbangkan dengan cermat sebelum menjadikannya karir potensial. Kamu mungkin menyesal mencari cara-cara ini untuk menghasilkan uang dari bermain permainan.

Jika kamu tetap ingin maju, kesempatan-kesempatan yang dibahas di atas adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari permainan saat ini. Ada karir lain di bidang permainan video, tetapi tidak melibatkan bermain permainan sebanyak cara-cara di atas.

Tentu saja, selalu ada opsi untuk membuat permainan sendiri dan menghasilkan uang melalui penjualan, serta pembelian dalam aplikasi atau iklan. Tetapi pembuatan permainan memerlukan waktu yang lama untuk mengembangkan dan memerlukan keterampilan yang sepenuhnya berbeda.

Jika kamu memandu artikel ini, kamu sudah diberi wawasan tentang berbagai cara menghasilkan uang dengan bermain permainan. Meskipun semua opsi ini memerlukan usaha, dedikasi, dan bahkan sedikit keberuntungan, tetapi mereka membuka pintu bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dari hobi mereka dalam permainan video.

Ingatlah bahwa seperti kebanyakan pekerjaan atau bisnis, ini bukanlah cara instan untuk menjadi kaya, dan hasilnya bisa bervariasi dari satu orang ke orang lain. Jika kamu memutuskan untuk menjajaki salah satu opsi ini, bersiaplah untuk belajar, beradaptasi, dan terus bekerja untuk meraih tujuanmu

Semoga panduan ini memberimu gambaran tentang peluang menghasilkan uang dari bermain permainan video, serta apa yang perlu kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan dalam bidang ini. Selamat bermain dan selamat berusaha!