10 Cara Meningkatkan Pengikut Instagram dengan Mudah


Instagram

SyVinns - Instagram adalah dasar dari banyak kehadiran merek di media sosial. Platform ini terbukti dapat meningkatkan lalu lintas, mendukung penjualan, dan terlibat dengan pelanggan.

Itulah mengapa 59% pemasar berencana meningkatkan investasi mereka di Instagram tahun ini.

Namun, jika Anda tidak puas dengan pertumbuhan dan keterlibatan Instagram Anda, Anda tidak sendirian.

Kompetisi di platform ini semakin ketat karena semakin banyak merek yang bergabung. Namun, mengambil langkah-langkah untuk menumbuhkan audiens Anda benar-benar layak dilakukan. Semakin besar audiens Anda, semakin banyak peluang untuk menyenangkan pelanggan Anda.

Siap untuk menyesuaikan kehadiran Anda untuk menarik pengikut Instagram yang otentik dan organik? Artikel ini akan membahas cara melakukannya.


1. Optimalkan akun Instagram Anda

Sebelum Anda memikirkan cara mendapatkan pengikut, pertimbangkan bagaimana akun Instagram Anda disiapkan terlebih dahulu.

Tanyakan pada diri sendiri: apakah profil Anda "terlihat seperti milik Anda?" Pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Bio Instagram Anda (termasuk slogan, tagline, dan/atau hashtag merek)
  • Foto profil Anda
  • Tautan bio Anda (dan kemana itu mengarahkan)
  • Detail-detail ini mendefinisikan identitas merek Anda di Instagram. Lebih penting lagi, mereka mempengaruhi kemampuan akun Anda untuk ditemukan. Membangun akun yang ramah pengikut berarti:
  • Memiliki nama pengguna yang mudah ditemukan dalam pencarian. Gunakan nama merek Anda atau apapun yang terdekat dengan nama-nama sosial Anda yang sudah ada. Jika nama Anda terlalu panjang, perpendek menjadi variasi yang diakui oleh audiens Anda (misalnya, akun Cold Stone Creamery adalah @coldstone).

Memilih gambar profil yang profesional. Logo dengan ukuran yang sesuai adalah yang ideal. Pastikan teks pada gambar profil Anda terbaca di layar smartphone.

Memperhatikan tautan bio Anda. Ini penting untuk mengarahkan pengikut Instagram Anda ke situs web dan promosi Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengalirkan lalu lintas sosial ke situs dan promo Anda.


2. Tetapkan jadwal konten yang konsisten

Momentum penting di Instagram. Artinya, Anda mungkin tidak akan mendapatkan pengikut jika Anda posting secara acak.

Membuat konten dan memberikan nilai adalah kunci untuk membangun audiens Anda. Melakukan hal ini secara konsisten adalah kunci untuk mempertahankan mereka. Jangan biarkan akun Instagram Anda berdebu.

Itulah mengapa menetapkan jadwal posting yang teratur sangat penting. Dalam hal kapan dan seberapa sering untuk posting, Anda tidak harus mematuhi angka yang baku. Sebagian besar merek posting setiap hari atau hampir setiap hari.


3. Jadwalkan posting Instagram sebelumnya

Tidak ada yang menyangkal bahwa merek bergantung pada algoritma Instagram untuk jangkauan. Namun, posting pada waktu yang tepat tetap dapat meningkatkan visibilitas posting Anda. 

Ini menunjukkan nilai dari menjadwalkan konten Instagram. Dengan alat terbaru dari Sprout, merek dapat menjadwalkan Stories, Carousels, Reels, dan Posting.

Menjadwalkan konten sebelumnya menjamin kendali dan organisasi. Alat penjadwalan Instagram membantu Anda mempertahankan ritme posting yang telah disebutkan sebelumnya. Kemampuan untuk mengunggah ulang konten dari jaringan lain juga membantu di sini.


4. Terlibatlah dengan pelanggan, pendukung merek, dan influencer

Mengetahui cara mendapatkan pengikut Instagram lebih banyak berarti melibatkan audiens Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan merespons dan mempublikasikan kembali posting mereka.

Manfaatkan kekuatan konten yang dihasilkan oleh pengguna. Kampanye UGC membangun bukti sosial dengan menunjukkan kepada pengikut bahwa Anda peduli pada mereka. Misalnya, Drunk Elephant secara rutin mempublikasikan kembali posting pengikut mereka dengan hashtag #BareWithUs dan #DrunkBreak.


5. Hindari pengikut Instagram palsu

Ada perbedaan besar antara pengikut palsu dan asli di Instagram.

Mungkin Anda tergoda untuk membeli pengikut demi pertumbuhan yang cepat. Karena pengikut palsu di Instagram ...

  • Membingungkan pengikut organik potensial Anda. Akun yang tidak aktif dan memiliki keterlibatan rendah dengan banyak pengikut akan mencurigakan. Ini bisa membuat penggemar yang seharusnya mengikuti dan terlibat dengan Anda menjadi ragu.
  • Tidak memberikan nilai finansial bagi bisnis Anda. Pikirkan tentang hal ini, pengikut bot Anda tidak dapat membeli produk Anda, bukan?
  • Tidak menghasilkan perbincangan: Jika Anda memiliki 10.000 pengikut palsu, berapa banyak dari mereka yang akan terlibat dengan postingan Anda? Apakah benar-benar masalah jika postingan Anda dipenuhi dengan komentar spam?

Orang nyata memiliki kemampuan untuk berbagi, menyukai, berkomentar, dan berinteraksi dengan postingan Instagram Anda. Selain itu, pengikut asli benar-benar menghargai waktu yang Anda habiskan untuk berinteraksi dengan mereka. Menunjukkan keaslian semacam ini jauh lebih kuat dan langgeng daripada menggunakan trik-trik tidak efektif seperti membeli suka Instagram.

6. Tampilkan akun Instagram Anda di mana pun Anda bisa

Jangan malu untuk mempromosikan akun Instagram Anda jika tujuan Anda adalah mendapatkan lebih banyak pengikut.

Tidak ada pendekatan yang satu ukuran cocok untuk mempromosikan Instagram Anda, dan berikut adalah beberapa ide:

  • Tambahkan ikon media sosial ke situs web dan email pemasaran Anda. Ikon media sosial memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda dan membantu Anda terhubung dengan pelanggan.
  • Tampilkan feed Instagram di beranda atau halaman produk Anda. Banyak merek e-commerce memiliki feed UGC khusus di situs (lihat contoh di atas).
  • Bagikan konten atau pengumuman khusus Instagram di saluran sosial lainnya. Misalnya, Anda bisa membicarakan IG Live yang akan datang melalui TikTok atau Facebook.


7. Posting konten yang benar-benar diinginkan oleh pengikut

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, kami tahu.

Filter, keterangan, jenis konten, waktu posting. Itu bahkan belum menyentuh permukaan.

Ada begitu banyak variabel yang harus dipertimbangkan, bukan? Dan algoritma Instagram yang sulit diprediksi. Apa yang berhasil untuk satu merek mungkin tidak berhasil untuk merek lain dalam hal format dan waktu.

Misalnya, beberapa merek bersumpah dengan Carousels. Yang lain fokus pada Reels. Keduanya dapat berhasil. Anda akan dengan cepat menemukan di Instagram bahwa beberapa konten tampil lebih baik daripada yang lain. Inilah sebabnya mengapa pengujian sangat penting.

Analisis bawaan Instagram sangat kuat. Namun, berinvestasi dalam alat analisis Instagram akan membawa semuanya ke tingkat berikutnya.


8. Lihatlah ke dalam diskusi yang bermakna dengan audiens Anda

Berfikir tentang ini: 60% pemasar menggunakan Instagram sebagai saluran layanan.

Platform ini sempurna untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. Begitu pula banyak ide posting populer yang berpusat pada bertanya-tanya dan berdialog dengan audiens.

Pertanyaan spontan, kekhawatiran pengiriman, atau pujian atas produk semuanya dapat diajukan oleh pengikut. Lihat bagaimana Cometeer merespons semuanya pada postingan Instagram mereka di atas.

Menjadi mendukung dan merespons dengan cepat menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda peduli. 

Anda akan terkejut betapa banyak pengikut Instagram Anda meningkat begitu Anda mulai bertindak lebih ramah. Penelitian kami menunjukkan bahwa 89% konsumen akan membeli dari merek setelah mengikuti mereka di media sosial. Setiap interaksi berarti.

Coba balas sebanyak mungkin pertanyaan atau komentar. Melakukan hal ini bisa membuat seseorang menjadi pengikut atau pelanggan jangka panjang.


9. Temukan hashtag di mana pengikut Anda berkumpul

Hashtag Instagram telah menjadi hal yang penting di platform ini, sudah lama sekali.

Meskipun begitu, mereka tidak lagi memiliki pengaruh sebesar dulu.

Membanjiri postingan Anda dengan hashtag tidak akan membawa pengikut baru. Terutama ketika ada begitu banyak kebisingan di platform.

Berbuat proaktif dengan fokus pada hashtag yang spesifik untuk industri yang relevan dengan pelanggan Anda. Misalnya, Lashify secara rutin memposting konten dengan hashtag #LashEducation. Hashtag semacam ini lebih khusus dan kurang kompetitif daripada #kecantikan. Menjadi lebih terlihat dalam jenis tag seperti ini penting bagi merek yang tepat.


10. Lakukan langkah-langkah untuk menyenangkan pengikut Instagram Anda

Akun Instagram terbaik memiliki penggemar dan komunitas (petunjuk: bukan hanya pengikut).

Tips di bawah ini adalah dasar-dasar akun yang ramah pengikut. Terapkan mereka dengan cara yang sejalan dengan suara dan nilai merek Anda. Hindari terlihat terlalu membutuhkan, terlalu fokus pada penjualan, atau terlalu mekanis dengan segala cara.

Begitu banyak dari cara mendapatkan pengikut Instagram secara gratis adalah tentang menciptakan komunitas yang autentik. Untuk banyak akun, ini berarti membangun hubungan pelanggan. Konten yang menampilkan kepribadian Anda dan orang-orang di balik merek Anda merupakan nilai tambah. Ini termasuk:

  • Konten yang inspiratif
  • Konten yang lucu
  • Mengunggah kembali UGC dengan keterangan unik
  • Posting cerita
  • Foto dan video di belakang layar
  • Posting yang meningkatkan kesadaran tentang isu sosial

Disclaimer: Sprout Social tidak menyarankan membeli pengikut Instagram. Kami tidak merekomendasikan layanan yang menjual pengikut atau "Suka".

Seiring dengan semakin padat dan kompetitifnya ruang sosial, merek bersedia mengambil risiko demi hasil instan.

Kami akan mengatakannya lagi: merek tidak boleh membeli pengikut Instagram. Tidak ada yang seharusnya!

Alasan mengapa Anda tidak boleh membeli pengikut di Instagram:

- Pengikut asli Anda tahu seperti apa pengikut palsu terlihat

- Pengikut sosial semakin cerdas. Kekhawatiran privasi dan penipu sosial telah membuat orang lebih sadar terhadap aktivitas yang aneh. Pada intinya, orang-orang saat ini adalah detektor spam.

- Lonjakan pengikut tiba-tiba adalah tanda bahaya. Belum lagi memiliki bot mengotori akun Anda dengan pengikut spam yang tak ada habisnya. Semua ini merusak reputasi Anda dan menghalangi pertumbuhan pengikut Instagram yang autentik.

- Pengikut palsu tidak memberikan kontribusi apa pun. Anda mungkin khawatir tentang metrik Instagram Anda dan dengan alasan yang tepat. Namun, jumlah pengikut Anda tidak banyak artinya jika "pengikut" Anda tidak mendorong keterlibatan. Anda mungkin terlihat "besar" sekilas, tapi siapa peduli? Pertimbangkan bagaimana tingkat keterlibatan Anda di platform akan menderita jika jumlah pengikut Anda dibesar-besarkan.

- Atas segalanya, membeli pengikut Instagram melanggar Syarat dan Ketentuan Penggunaan. Tidak ada kejutan di sini. Pertimbangkan bagaimana Meta telah mengambil tindakan langsung terhadap pembelian keterlibatan di masa lalu. Mereka bahkan telah menutup perusahaan yang menjual suka. Ini karena praktik ini melanggar ketentuan layanan platform:

"Bantu kami tetap bebas dari spam dengan tidak mengumpulkan secara artifisial suka, pengikut, atau berbagi, mengirim komentar atau konten yang berulang, atau menghubungi orang berulang kali untuk tujuan komersial tanpa izin mereka."

Bagaimana Anda sedang meningkatkan pengikut Instagram Anda?